Alternatif Metode Pembelajaran Jarak Jauh

Kursus Komputer 2

Menyikapi surat edaran Pimpinan PTKIS termasuk di IAILM Suryalaya  terkait upaya pencegahan Virus Corona yang salah satunya meliburkan perkuliauan untuk sementara waktu dengan memggantinya dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ).  Teknis pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi Dosen dan Mahasiswa dan Bekerja dari Rumah bagi Pimpinan dan Karyawan IAILM; Dosen diharuskan melaksanaan pembelajaran jarak jauh menggunakan SIAKAD IAILM. Jika diperlukan dapat memanfaatkan media lain seperti WA, FB, aplikasi Teleconference dan google clasroom dengan mempertimbangkan beberapa ketentuan diantaranya :

  1. Karakteristik Mata Kuliah, Capaian Pembelajaran Mata Kuliah, Materi Ajar, dan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Student Centred Aproah berbasis online,
  2. Prinsip-prinsip dasar PJJ yang meliputi kreativitas, fleksibilitas, fokus, mobilitas, efisiensi, keterpaduan, kemandirian dan keterkinian
  3. Kualitas yakni berkenaan dengan jaminan standar pengajar, materi bahan ajar dan ujian, dan proses pembelajaran interaktif yang berbasis teknologi komunikasi dan informasi.
  4. Karena dosen lebih bersifat fasilitator yang memberikan bantuan atau kemudahan kepada mahasiswa untuk belajar, dan mahasiswa sebagai peserta dalam proses pembelajaran, maka mahasiswa dituntut aktif, cerv interaktif, dan partisipatif dalam proses PJJ.

Berikut ini beberapa alternatif metode PJJ yang dapat dilakukan oleh dosen dengan menggunakan teknologi yang efisien :

  1. Melalui grup aplikasi Whatsapp (WA) mata kuliah

Dosen bersama mahasiswa membuat grup WA sesuai mata kuliah yang diampunya. Kemudian grup WA tersebut dipergunakan untuk dosen agar dapat mengirimkan materi perkuliahan kepada mahasiswa sesuai topik-topik yang telah disusun dalam RPS dalam berbagai bentuk diantaranya : bahan belajar mandiri yang dibuat dalam format pdf, sumber belajar online yang dapat diakses oleh mahasiswa, video pembelajaran atau video tutorial (jika materinya praktikum), kuis atau soal-soal latihan yang harus dijawab oleh mahasiswa. Selanjutnya dosen dapat melalukan interaksi dengan mahasiswa dalam bentuk sharing pendapat, tanya jawab, problem solving dsb. Berdasarkan interaksi dalam grup matakuliah menggunakan aplikasi Whatsapp tersebut, dosen dapat menilai keaktifan mahasiswa berdsarkan kontribusinya dalam diskusi di grup tersebut.

  1. Media Teleconfrence

Dosen dapat mengunduh aplikasi teleconfrence yang dapat diperoleh secara gratis di google play. Melalui aplikasi ini dosen dapat melakukan interaksi dengan mahasiswa secara virtial : menyampaikan materi perkuliahan, dialog interaktif dsb. Alat yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi ini adalah smartphone atau laptop.

  1. Media E-Learning

Melalui media E-Laarning dosen dapat menyiapkan materi perkuliauan yang disimpan di blog atau di sistem yang sudah disiapkan oleh lembaga seperti SIAKAD. Bahan-bahan tersebut dapat diakses oleh mahasiswa secara online dan mereka dapat mempelajarinya secara mandiri.

  1. Sistem Modul

Bisa juga dosen menyusun bahan belajar mandiri yang dibuat dalam bemtuk modul (cetak atau elektronik). Dengan sistem modul ini mahasiswa dapat belajar secara mandiri tanpa harus tatap muka dengan dosen. Evaluasinya dapat dilakukan secara online misalnya melalui e-mail.

Demikian bebarapa alternatif metode pembelajaran jaraj jauh yang dapat dipilih oleh dosen tanpa memerlukan peralatan yang rumit dan mahal. Yang penting kita harus kreatif dan inovatif. Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dan akses internet yang semakin terjangkan semua merode tersebut sangat mungkin untuk diaplikasikan sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh.

Bagikan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Scroll to Top