Visitasi Program Studi Ilmu Tasawuf (S1)

Latifah Mubarokiyah

Visitasi Program Studi Ilmu Tasawuf (S1)

August 25, 2017 Berita 0

Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Pondok Pesantren Suryalaya kembali divisitasi oleh asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada Jum’at (25/8/17)  . Setelah sebelumnya Program Pascasarjana Ilmu Tasawuf, kini giliran Program Studi Ilmu Tasawuf (S1) yang divisitasi.

Kegiatan Visitasi yang bertempat di Meeting Room Rektorat IAILM tersebut, dibuka secara resmi oleh Rektor IAILM H. Iwan R Prawiranata, MIB.,MA., Ph.D., dan dihadiri oleh Pimpinan di lingkungan IAILM dan civitas akademik Fakultas Dakwah, serta  dua asesor BAN PT yaitu Ahmad Mutaqin, MA., Ph.D. dari UIN Suka Yogyakarta dan Dr. Yusuf Rachman,MA., dari UIN Sahid Jakarta.

Rektor IAILM dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan akreditasi merupakan upaya evaluasi yang dilakukan negara terhadap keberlangsungan lembaga pendidikan tinggi.

“Bagi kami, Akreditasi adalah bentuk control sekaligus evaluasi pemerintah pada perguruan tinggi ini. Kami menyambut baik kegiatan visitasi ini untuk perbaikan sekaligus meningkatkan kualitas kampus. Apapun hasilnya kami akan senantiasa taat pada aturan” tuturnya.

Sementara itu, Dr. Yusuf Rachman yang mewakili asesor BAN PT menjelaskan bahwa Akreditasi bukan dalam rangka mendeskreditkan Perguruan Tinggi Swasta. Sebaliknya, akreditasi merupakan upaya pemerintah untuk membantu seluruh Perguruan Tingggi dalam meningkatkan standar mutu.

“Kami diutus BAN-PT bukan hanya untuk mencatat poin demi poin kelebihan atau kekurangan dari Perguruan Tinggi yang divisitasi. Namun yang lebih penting, kami mendapat mandat untuk melakukan koordinasi dan pembinaan untuk membantu meningkatkan standar mutu perguruan tinggi yang diakreditasi” terangnya.

Kegiatan inti akreditasi dimulai dengan paparan Pimpinan dan staf pengelola Fakultas Dakwah mengenai visi, misi, dan tujuan Fakultas, target Fakultas, tata pamong, jumlah tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, sistem pembelajaran hingga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Selanjutnya, paparan keprodian oleh Ketua Program Studi Ilmu Tasawuf Rojaya, M.Ag., yang menjelaskan tentang  tujuh standar akreditasi diantaranya mulai dari visi, misi, tujuan program studi; tata pamong; kemahasiswaan dan alumni; sumber daya manusia; kurikulum; sistem keuangan dan informasi; penelitian, pengabdian masyarakat dan kerja sama.

Kegiatan visitasi berakhir sekitar pukul 16.30 WIB dan ditutup secara resmi oleh Rektor IAILM. Hasil akreditasi akan diumumkan beberapa minggu ke depan setelah melewati tahap sidang pleno di BAN-PT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *