Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD)

Latifah Mubarokiyah

Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD)

July 17, 2019 Uncategorized 0

Suryalaya (30/06/2019) Dalam upaya membentuk warga negara yang memiliki kepribadian beriman, berjiwa patriotik, dan menjunjung nilai-nilai luhur bangsa, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Suryalaya bekerjasama dengan Kwarcab. Tasikmalaya mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD) yang  berlangsung dari tanggal 24 – 30 Juni 2019.

KMD tahun ini diikuti oleh 83 mahasiswa dari program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

Rektor  IAILM Suryalaya dalam sambutan tertulisnya mengatakan bahwa Tri Darma Perguruan Tinggi sebagai kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat sangat relevan dengan tujuan Gerakan Pramuka, yaitu untuk membentuk setiap warga negara agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecapakan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun NKRI, mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan hidup.

Sementara Ketua Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya Engkos Koswara menyatakan, pengetahuan kepramukaan itu wajib dimiliki oleh guru, sesuai dengan tuntutan dari Kurikulum 2013 yang menekankan pada pendidikan karakter. “Pramuka ini bagian dari pendidikan karakter,” katanya. Bahkan nantinya calon guru ini harus mampu menjadi pembina pramuka di sekolah tempatnya mengajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *