Diklat Kuliah Kerja Nyata

Latifah Mubarokiyah

Diklat Kuliah Kerja Nyata

February 1, 2018 Event 0
Diklat KKN IAILM 2018

 

Bulan Februari 2018 tepatnya Tanggal 21, IAILM akan melepas 218 orang peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 2 (dua) Kabupaten, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Majalengka. Menjelang kegiatan KKN, dilaksanakan Pendidikan dan Pelatihan kepada mahasiswa peserta KKN sebagai upaya memaksimalkan peran peserta KKN di masyarakat dengan memberikan pengetahuan tentang pengalaman dari pelaksanaan KKN pada tahun-tahun sebelumnya dan memberikan arahan tentang apa yang perlu dan apa yang seharusnya tidak dilakukan ketika pelaksanaan di lapangan.

Diklat KKN 2018 ini dilaksanakan selama dua hari mulai Rabu pagi tanggal 31 Februari 2018 dan diakhiri dengan penutupan pada Kamis sore di hari berikutnya. Dilaksanakan di Gedung Sukriya Bakti Kampus IAILM Suryalaya. Mahasiswa diberi materi dari konsep penyusunan Program kegiatan, penyusunan proposal pelaksanaan program, pendekatan terhadap masyarakat dan aparat, mensinergiskan program kelompok dengan program desa, hingga mengumpulkan berbagai bahan laporan individu dan kelompok, dan diakhiri dengan teknik pelaporan secara tertulis dan melalui media audio visual.

Pelaksanaan KKN kali ini diharapkan tidak hanya berupa pengabdian pada masyarakat, akan tetapi menjadi tempat mahasiswa menemukan bahan untuk penelitian yang akan didalami dan direalisasikan dalam skripsi, sehingga untuk tahun-tahun mendatang ada rencana bahwa pelaksanaan KKN akan dilaksanakan di semester pertengahan antara semester 4 atau 5 sesuai harapan Rektor IAILM, H. Iwan R. Prawiranata, MIB, MA, Ph.D dalam sambutannya pada Acara Pembukaan Diklat KKN tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *