Rabu, 16 Maret 2022 HMPS PGMI/PGSD (Himpunan Mahasiswa Program Studi PGMI/PGSD) menyelenggarakan launching dan bedah buku ”Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar” yang berlangsung di Gedung Sukriya Bakti Latifah Mubarokiyah Suryalaya.
Buku yang berjumlah 226 halaman ini diterbitkan oleh CV. Insan Paripurna terbit Januari 2022. Dieditori Nana Suryana, S.Ag. M.Pd. yang juga ketua Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAILM.
Acara launching yang diselenggarakan secara ofline ini dibuka oleh Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah, Oyib Sulaeman. yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan Launching & Bedah buku Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar pada hari ini, selamat kepada Prodi PGMI dan tim Penulis yang telah melahirkan ilmu dari buku Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar, mudah-mudahan ini akan terus berlanjut sehingga akan terus bertambah buku- buku yang lain nya.
Acara ini juga di hadiri oleh mahasiswa IAILM khusunya prodi PGMI/PGSD, kepala sekolah/madrasah, dan guru se-kecamatan Pagerageung, Panumbangan, dan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya.
Kegiatan bedah buku ini dipandu oleh Arif Muhamad selaku panitia dari HMPS PGMI/PGSD dan dimoderatori oleh Anita Cahyani yang juga panitia dari HMPS PGMI/PGSD. Acara ini juga menghadirkan narasumber Dr. Asep Salahudin, MA, selaku Rektor IAILM Suryalaya sekaligus penulis terkenal, yang sudah banyak karya tulisanya dimuat di media cetak dan online.
Dalam acara bedah buku ini, Nana Suryana, selaku editor menyampaikan latar belakang hadirnya buku itu. Menurutnya buku ini hadir di tengah kekhawatiran terhadap rendahnya mutu pendidikan.
“Saat ini kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah dibanding negara-negara lain.” Salah satu penyebabnya, adalah masih ditemukan problem-problem terutama dalam pembelajaran. “Dari kondisi tersebut, kami (para penulis) mencoba mengambarkan problem tersebut sekaligus solusi alternatifnya,” tegasnya.
Tampil sebagai pembahas, Rektor IAILM, Dr. H. Asep Salahudin, MA, dalam bahasannya Asep menyampaikan, buku ini memiliki keunggulan dibanding buku yang lain.
“Buku yang ditulis dosen Fakultas Tarbiyah ini memiliki keunggulan. Pertama ditulis para dosen sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keahlian. Kedua, para penulis dengan cermat dan sangat hati-hati menggambarkan problem dalam pembelajaran di SD. Dan ketiga, penulis bukan hanya menyampaikan masalah tetapi memberikan solusi alternatif,” ucap Asep.