MILAD KE 32 IAILM SURYALAYA TASIKMALAYA

Latifah Mubarokiyah

MILAD KE 32 IAILM SURYALAYA TASIKMALAYA

September 8, 2018 Uncategorized 0

        

Suryalaya(5/09/2018).Dengan mengucapkan Alhamdulillah Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM)  Suryalaya Tasikmalaya genap berusia 32 tahun pada tanggal 5 September 2018, suatu rentang waktu cukup panjang untuk terus melakukan introspeksi dan tekad kuat dalam melanjutkan berbagai pembenahan guna melangkah lebih yakin diri untuk  meraih kemajuan di masa mendatang.

Dalam Pidatonya Rektor IAILM Suryalaya H. Iwan R. Prawiranata SE, MIB, MA, Ph.D menjelaskan bahwa sejak tahun 2015, 2016, dan 2017 secara berturut-turut IAILM berhasil meraih satu prestasi sebagai Perguruan Tinggi Islam Swasta terbaik peringkat I klaster institute dari Kopertais Wilayah II Jawa Barat dan Banten.  Saat ini IAILM terdiri dari tiga fakultas: Fakultas Dakwah, Syariah, dan Tarbiyah dengan memiliki 7 program studi S1 dan satu program S2, program Magister Akhlak Tasawuf. Dari delapan program studi tersebut, tujuh program telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Untuk untuk mencapai visi dan misinya dengan merealisasikan Rencana Strategis 2016-2020 menuju kampus digital, IAILM terus membenahi untuk memaksimalkan potensinya. Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi yang berbasis SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online) telah diajukan dan tinggal menunggu visitasi asesor BAN-PT.

Pencapaian tahun yang lalu menambah keyakinan bahwa IAILM Suryalaya walaupun berlokasi di desa, di rural area tetapi mampu menghasilkan alumni berkualitas nasional yang siap bersaing di era milenium. Keyakinan ini ditambah dengan semakin meningkatnya sumber daya insani yang dimiliki IAILM Suryalaya. Saat ini telah dimiliki 80 orang dosen terdiri dari 53 orang dosen tetap dan 27 orang dosen tidak tetap untuk menangani 971 orang mahasiswa. Dari 53 dosen tetap tersebut terdapat 46 orang berpendidikan S2 dan 7 orang berpendidikan S3. Saat ini ada 10 orang dosen dalam proses penyelesaian S3. Semua dosen tersebut secara bertahap diwajibkan untuk bersertifikat memenuhi standar profesionalnya.

Untuk tahun 2018 tercatat 208 orang mahasiswa  yang akan menyelesaikan program S1 dan 18 orang untuk S2. Menurut sebaran alumni sampai saat ini, para alumni diketahui telah bekerja di berbagai bidang; sebagai PNS, TNI, pegawai swasta, wirausahawan, pegawai bank, mejadi guru, dosen, dai, anggota dewan, dan banyak lagi.

Dalam memasuki tahun ajaran 2018/2019 Rektor IAILM menyatakan bertekad terus berbenah diri, terutama dalam menghadapi perkembangan masyarakat jaman now. Dengan satu keyakinan bahwa pendidikan  Islam harus membawa misi ganda, yaitu di satu sisi dituntut untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para mahasiwa, berbudaya damai, memahami multikultural, dan berwawasan kebangsaan. Di  sisi lain pendidikan Islam harus mampu membekali mereka dengan pengetahuan yang dibutuhkan dunia kerja dan mampu memanfaatkan teknologi agar memapu bersaing setelah mereka lulus. Maka IAILM Suryalaya juga menyiapkan pendidikan kewirausahaan yang berkelanjutan, termasuk pengembangan UKM syariah dengan memanfaatkan penguasaan teknologi finansial sebagai pembinaan agar para alumni memiliki ilmu dan kompetensi untuk mandiri.

Dalam tiga tahun terakhir IAILM telah diberi kepercayaan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) untuk menerima hibah, berbagai klaster penelitian dan shortcourse baik di dalam maupun di luar negri.

Di bidang pengabdian kepada masyarakat IAILM Suryalaya meningkatkan jalinan kerjasama dengan Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Tasikmalaya untuk menyelenggarakan KKN berbasis tematik, juga dengan berbagai lembaga lain baik di dalam maupun luar negri.

IAILM Suryalaya terus meningkatkan mutu dan perbaikan dalam berbagai bidang, termasuk meningkatkan status akreditasi, meningkatkan kualitas sumber daya insani, menata kembali kurikulum, dan menjadikan IAILM Suryalaya sebagai institut yang menarik minat para generasi milenial.

Acara Milad yang diisi dengan berbagai lomba antar Sivitas Akademika seminggu sebelumnya, diakhiri dengan  Sambutan dari Kepala Bank Indonesia Tasikmalaya dan orasi ilmiah dari Dr.M.Kodir,MSI (Dekan Fakultas Dakwah IAILM).

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *